Home » » Cara Terbaik Mendidik Anak Menjadi Pintar Dan Cerdas

Cara Terbaik Mendidik Anak Menjadi Pintar Dan Cerdas

Written By Unknown on Kamis, 25 Juni 2015 | 08.38



Tips Mendidik Anak Agar Menjadi Pandai Dan Pintar - Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak yang pAndai dan pintar. Dengan memiliki anak yang pintar sudah pasti akan menjadi suatu kebanggaan pada orang tua. Namun menjadikan anak Anda menjadi seorang anak yang cerdas bukanlah perkara yang mudah. Banyak tahap yang harus dilalui orang tua agar anaknya menjadi semakin pintar, tentu peran orang tua sangat penting. Nah, untuk itu saya akan memberikan beberapa tips agar anak Anda menjadi seorang anak yang pintar ikutilah beberapa tips dibawah ini.

1. Komunikasi Yang Baik Akan Membuat Anak Pintar

Jika selama ini Anda kerap berbicara yang tidak baik dengan anak, contohnya dengan berbicara kotor atau lainnya, mulai saat ini hindarilah perkataan yang tidak baik. Usahakan agar Anda bisa berkomunikasi dengan baik dan penuh nasihat. Karena biasanya seorang anak akan menangkap apa yang selalu diucapkan oleh orang tuanya. Anda pasti tidak mau hal ini terjadi jika suatu saat perkataan yang tidak baik akan selalu diingat anak Anda hingga dewasa.

2. Berikan Cerita Inspiratif

Dengan memberikan anak cerita inspiratif, tentu akan menumbuh kembangkan daya imajinasi dan kecerdasan otak anak. Berikanlah cerita yang menginspirasi seperti cerita para pahlawan. Agar suatu saat nanti anak Anda akan termotivasi menjadi orang yang lebih baik seperti yang Anda ceritakan.

3. Hindari Lingkungan Tidak baik

Tahu tidak? Hampir 50% sifat anak tertular oleh lingkungan. Maka itu ciptakanlah lingkungan yang baik, dimana Anda sebagai orang tua harus lebih pintar memilih tempat dan teman sejak dini. Jika Anak Anda berteman dan bermain ditempat yang tidak baik, bisa dipastikan jika hal ini Anda biarkan akan membuat sifat anak Anda menjadi tidak baik saat dewasa nanti.

4. Pantau Tontonan Anak

Tontonan Anak juga mempengaruhi tumbuh kembang otak anak Anda. Sebagai orang tua ada baiknya Anda mengontrol semua tontonan anak Anda, apalagi zaman sekarang acara televisi banyak yang tidak mendidik. Contohnya seperti banyak tokoh pria yang bertingkah seperti wanita, tentu Anda tidak mau anak Anda bergaya seperti itu bukan? Alangkah baiknya berikan tontonan yang bermanfaat seperti berita atau video tentang ilmu pengetahuan.

5. Berikan Asupan bergizi

Sebagai orang tua, Anda harus cerdas dalam memilih makanan untuk dikonsumsi anak. Berikanlah anak makanan dan minuman yang bergizi atau Anda bisa memberikan sumber makanan yang kaya dengan omega 3 dan DHA untuk membantu perkembangan otak anak Anda. Dan yang terpenting hindari jajanan yang tidak bermanfaat seperti jajanan dipinggir jalan yang tidak steril.

6. Ciptakan Keluarga Harmonis

Ciptakanlah keluarga yang harmonis dan jika Anda dengan pasangan sedang mengalami masalah, sembunyikan masalah tersebut dan jangan sampai Anda dan pasangan bertengkar didepan anak. Keluarga yang tidak harmonis akan menciptakan efek buruk bagi anak.

7. Berikan Anak Istirahat Yang Cukup

Walau Anda menginginkan anak Anda menjadi pintar, tapi jangan biarkan istirahat anak Anda terganggu dengan memberikan tugas-tugas tambahan yang berlebihan. Karena anak yang mempunyai waktu istirahat yang cukup cenderung memiliki tingkat kecerdasan dan konsentrasi yang sangat baik.

8. Berikan Musik Lembut

Berikanlah anak Anda musik yang lembut sejak dini, banyak penelitian mengatakan jika seorang anak sering mendengarkan lagu musik yang lembut dapat meningkatkan konsentrasi, kecerdasan dan ketenangan emosional anak.

9. Olah Raga Dan Sarapan

Anak yang sehat pasti memiliki otak yang cerdas, untuk itu ajaklah anak Anda berolah raga. Lalu dengan memberikan anak Anda sarapan dengan baik akan membuat tingkat konsentrasi anak Anda menjadi lebih baik. Nah, mulai sekarang biasakanlah memberikan sarapan bergizi untuk anak Anda.

10. Cara Lain Agar Anak Anda Pintar 
Berikan permainan edukatif sebagai media mendidik anak. 
Temani anak saat bersosial di luar. 
Jangan biarkan anak Anda stres. 
Berikan ilmu agama sejak dini. 
Selalu menjawab pertanyaan anak. 
Berikan kehangatan dan kasih sayang keluarga. 

Menurut saya, faktor terpenting dalam mendidik anak adalah orang tua. Karena disadari atau tidak, anak akan lebih cenderung mengikuti prilaku orang tua. Maka itu berikanlah contoh dan sikap yang baik di depan anak agar keinginan Anda memiliki anak yang pintar dan pandai bisa terwujud. Intinya semua adalah faktor sikap orang tua. Sekian tips dari saya mengenai tips terbaik mendidik anak jadi pintar dan cerdas.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.